Sabtu, 25 Mei 2019

YESUS yang menciptakan Maria dan anak laki-laki itu!

Disinilah pembuktian TUHAN kepada umat manusia, bahwa TUHAN itu ada, dan TUHAN turut bekerja menjadikan Maria, sehingga semua manusia di dunia ini menyandang dengan menggunakan nama Maria, dan juga dengan berbagai manuscript yang bertuliskan nama Maria.


Sesungguhnya mereka yang menggenang akan Maria, merekalah yang memelihara akan NUBUAT tentang Maria, dan penggenapan oleh Maria yang seturut dari Kehendak-Nya Dia yang telah mennjadikan Maria. Namun semua dibalik itu merekalah yang  lebih mengakui kepada Dia, sebab Dia yang telah menggenapi NUBUAT akan kehadiran Maria di dunia ini, dan yang telah menjadikan Maria. Dan  kehidupan Maria semuanya seturut Kehendak-Nya Dia, dari Dia yang telah menjadikannya Maria hingga pada waktunya mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki. Siapakah Dia? Marilah kita semua lihat dari pengakuan-Nya Dia, bahwa Dia yang telah menjadikan Maria!
PERHATIKANLAH DISINI! Inilah yang disebut Kitab para nabi yang adalah NUBUAT, YANG AKAN DIGENAPI oleh YESUS! Ada tertulis : Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel. Yesaya 7:14.

PERTANYAANNYA : SIAPAKAH yang menggenapinya atau yang menjadikannya seorang perempuan muda mengandung? SIAPAKAH yang menggenapinya atau yang menjadikannya anak itu? SIAPAKAH yang menggenapinya atau yang menjadikannya anak itu, dengan sebutan Imanuel? Sebab ada tertulis : "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Matius 5:17

Siapakah Dia? Dia adalah YESUS yang telah menciptakan Maria. Pada gambar ini terlihat ada seorang Dewasa, yang sedang mengatakan “Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi”. JADI DISINI PENEKANNYA dari kata “MENGGENAPINYA atau MENJADIKANNYA dari seluruh NUBUAT di dalam seluruh hukum Taurat dan seluruh kitab para nabi. Dan salah satunya NUBUAT disini adalah Maria. Nama Maria ini artinya seorang perempuan muda mengandung, yang diambil dari Kitab nabi Yesaya 7:14. PERTANYAANNYA : Dapatkah seorang dewasa (Media itu) mengatakan demikian, “aku yang telah menjadikan atau menciptakan seorang perempuan, dan perempuan itu dilahirkan menjadi perempuan muda dewasa, dan mengandung seorang anak, dan anak itu dilahirkan menjadi dewasa, dan anak yang sudah menjadi seorang dewasa adalah aku sendiri yang telah menjadikannya”? Siapakah nama seorang dewasa itu? Coba sdra-sdriku disini BERPIKIR, dapatkah hal itu terjadi?




PERTANYAANNYA : Dapatkah seorang dewasa (Media itu) mengatakan demikian, “aku yang telah menjadikan atau menciptakan seorang perempuan, dan perempuan itu dilahirkan menjadi perempuan muda dewasa, dan mengandung seorang anak, dan anak itu dilahirkan menjadi dewasa, dan anak yang sudah menjadi seorang dewasa adalah aku sendiri yang telah menjadikannya”? Siapakah nama seorang dewasa itu? Coba sdra-sdriku disini BERPIKIR, dapatkah hal itu terjadi?


Gambar link ini memberikan alur logika cara berpikir, siapakah YESUS, apakah media-Nya itu atau ROH?

Jadi disini sudah sangatlah jelas, YESUS tidaklah dilahirkan, bukankah kita semua telah membaca dan mengimani Yohanes 1:1-3. Disini SUDAH SANGATLAH JELAS, bahwa Dialah yang menciptakan segala sesuatu, ada tertulis : Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Yohanes 1:3. Dan segala sesuatu telah kita lihat di Kejadian 1:1-26. Dari kalimat “Segala sesuatu telah dijadikan oleh Dia” atau “Dialah yang telah menjadikan segala sesuatu, ”Bukan hanyalah konteks penciptaan Langit dan Bumi hingga Manusia, melainkan penekanannya disini SEGALA SESUATU, dari kalimat “Segala sesuatu dijadikan oleh DIA”  : MENYEDIAKAN atau MENGGADAKAN, MENGGENAPI, MENYELAMATKAN”. Ada tertulis : Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya." Yohanes 14:14. Marilah kita semua membuktikan Yohanes 1:1-3, dengan pengakuan-Nya YESUS sendiri, bahwa YESUS lah sendiri yang telah menciptakan atau menjadikan Maria! Ada tertulis : "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Matius 5:17



Gambar link ini memberikan alur logika cara berpikir, siapakah YESUS, apakah media-Nya itu atau ROH?

Ada tertulis : "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. Matius 5:17-18.
Disini SUDAH SANGATLAH JELAS definisi dari kata “MENGGENAPI” yaitu MELENGKAPI atau MENJADIKAN dari Pengakuan-Nya YESUS  di Matius 5:17-18.
“MENGGENAPI” : (Yunani) Πληρόω : plēroō : play-ro'-o : From (Πλήρης : plērēs : play'-race; replete, or covered over; by analogy complete: - full); to make replete, that is, (literally) to cram (a net), level up (a hollow), or (figuratively) to furnish (or imbue, diffuse, influence), satisfy, execute (an office), finish (a period or task), verify (or coincide with a prediction), etc.: - accomplish, X after, (be) complete, end, expire, fill (up), fulfil, (be, make) full (come), fully preach, perfect, supply.

“MENGGENAPI” : (Ibrani) מָלָא‎; a primitive root;
Strong's: to fill or (intransitively) be full of, in a wide application (literally and figuratively)
KJV: accomplish, confirm, [phrase] consecrate, be at an end, be expired, be fenced, fill, fulfil, (be, become, [idiom] draw, give in, go) full(-ly, -ly set, tale), (over-) flow, fulness, furnish, gather (selves, together), presume, replenish, satisfy, set, space, take a (hand-) full, [phrase] have wholly.

Inilah yang disebut Kitab para nabi yang adalah NUBUAT, YANG AKAN DIGENAPI atau YANG AKAN DIJADIKAN oleh YESUS! Ada tertulis : Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel. Yesaya 7:14.

PERHATIKANLAH Yesaya 7:14! Disitu disebutkan nama Maria, yang artinya seorang perempuan muda mengandung (ha•'al•MAH ; ha•RAH).

PERHATIKAN DISINI Yesaya 7:14, disini disebut nama Maria adalah nubuat, yang akan diciptakan oleh YESUS . Jadi nama Maria adalah nubuat, disini dituliskan nama Maria dalam bahasa Ibrani : ha•'al•MAH ; ha•RAH, yang artinya perempuan muda mengandung.

לָ֠כֵן La•chen Therefore יִתֵּ֨ן yit•Ten himself shall give אֲדֹנָ֥י 'a•do•Nai Therefore the Lord ה֛וּא hu Himself לָכֶ֖ם la•Chem א֑וֹת ot; you a sign הִנֵּ֣ה hin•Neh Behold הָעַלְמָ֗ה ha•'al•Mah, Behold a virgin הָרָה֙ ha•Rah shall conceive וְיֹלֶ֣דֶת ve•yo•Le•det and bear בֵּ֔ן Ben, a son וְקָרָ֥את ve•ka•Rat and shall call שְׁמ֖וֹ she•Mo his name עִמָּ֥נוּ 'im•Ma•nu אֵֽל׃ 'El. Immanuel



Jadi nama Maria ini adalah satu nama yang DINUBUATKAN  dari kitab nabi Yesaya (Yesaya 7:14). Oleh karena itu bukan hanya arti namanya Maria, tetapi keberadaanya Maria itu sendiri, mulai sejak Maria itu dilahirkan, dan juga dengan garis keturunannya Maria. Oleh karena itu keseluruhannya sudah  DIGENAPI atau SUDAH DIJADIKAN oleh YESUS sendri dari seluruh keturunannya Maria hingga Maria itu menjadi ada. Ada tertulis : Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya." Kejadian 3:15. Dan juga berlangsungnya hingga melahirkan seorang anak laki-laki, yang telah dinubuatkan, juga AKAN DIGENAPI atau  AKAN DIJADIKAN oleh YESUS sendiri!



Jadi disini sudah sangatlah jelas, YESUS tidaklah dilahirkan, bukankah kita semua telah membaca dan mengimani Yohanes 1:1-3. Disini SUDAH SANGATLAH JELAS, bahwa Dialah yang menciptakan segala sesuatu, ada tertulis : Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Yohanes 1:3. Dan segala sesuatu telah kita lihat di Kejadian 1:1-26. Dari kalimat “Segala sesuatu telah dijadikan oleh Dia” atau “Dialah yang telah menjadikan segala sesuatu, ”Bukan hanyalah konteks penciptaan Langit dan Bumi hingga Manusia, melainkan penekanannya disini SEGALA SESUATU, dari kalimat “Segala sesuatu dijadikan oleh DIA”  : MENYEDIAKAN atau MENGGADAKAN, MENGGENAPI, MENYELAMATKAN”.

PERTANYAANNYA : Dapatkah seorang dewasa (Media itu) mengatakan demikian, “aku yang telah menjadikan atau menciptakan seorang perempuan, dan perempuan itu dilahirkan menjadi perempuan muda dewasa, dan mengandung seorang anak, dan anak itu dilahirkan menjadi dewasa, dan anak yang sudah menjadi seorang dewasa adalah aku sendiri”? Coba sdra-sdriku disini BERPIKIR, dapatkah hal itu terjadi? Jangankan manusia dapat menjawabnya, demikian juga TUHAN tidak dapat menjawabnya, sebab ada tertulis dari pengakuan-Nya TUHAN sendiri : Sebab Aku ini Allah dan bukan manusia, Yang Kudus di tengah-tengahmu, dan Aku tidak datang untuk menghanguskan. Hosea 11:9b.  



      Dan karena TUHAN tidak dapat menjawabnya, sebab pengakuan-Nya TUHAN sendiri “Aku ini bukan manusia”. Dan oleh karena itu, yang mengatakannya di Matius 5:17 adalah TUHAN sendiri, dan bukannya Media-Nya itu yang mengatakannya. SEHINGGA DISINILAH SUDAH SANGATLAH JELAS, bahwa Wujud-Nya YESUS adalah ROH, dan Wujud-Nya YESUS bukanlah media-Nya itu, sebab ada tertulis : Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan. 2Korintus 3:17. Dan karena itu seluruh Kitab Suci-Nya disini tertulis, nama Allahmu adalah TUHAN. Oleh karena itu juga ada tertulis, Wujud-Nya Allahmu adalah ROH. Jadi seluruh pengertian Kitab Suci-Nya disini, ROH itu disebut dengan sebutan Allah. ada tertulis : Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran." Yohanes 4:24. Dan ROH ini yang disebut dengan sebutan Allah itu ada nama-Nya, dan nama-Nya ROH itu adalah TUHAN, ada tertulis : Janganlah kamu bersumpah dusta demi nama-Ku, supaya engkau jangan melanggar kekudusan nama Allahmu; Akulah TUHAN. Imamat 19:12.



      Dan karena TUHAN tidak dapat menjawabnya, sebab pengakuan-Nya TUHAN sendiri “Aku ini bukan manusia”. Dan oleh karena itu, yang mengatakannya di Matius 5:17 adalah YESUS sendiri, dan bukannya Media-Nya itu yang mengatakannya. SEHINGGA DISINILAH SUDAH SANGATLAH JELAS, bahwa Wujud-Nya YESUS adalah ROH, dan  media itu bukanlah YESUS, sebab YESUS itu Wujud-Nya ROH yang telah mengatakannya, dengan melalui perantaraan Media-Nya. DAN DENGAN KEJELASANNYA INI, MAKA SUDAH MENJADI SANGATLAH JELAS DI DALAM SELURUH Kitab Suci-Nya, bahwa YESUS tetaplah YESUS, sebelum YESUS tidak ada Allah yang dibentuk, dan sesudah YESUS tidak ada lagi, Ada tertuli : "Kamu inilah saksi-saksi-Ku," demikianlah firman TUHAN, "dan hamba-Ku yang telah Kupilih, supaya kamu tahu dan percaya kepada-Ku dan mengerti, bahwa Aku tetap Dia. Sebelum Aku tidak ada Allah dibentuk, dan sesudah Aku tidak akan ada lagi.  Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.  Akulah yang memberitahukan, menyelamatkan dan mengabarkan, dan bukannya allah asing yang ada di antaramu. Kamulah saksi-saksi-Ku," demikianlah firman TUHAN, "dan Akulah Allah.  Juga seterusnya Aku tetap Dia, dan tidak ada yang dapat melepaskan dari tangan-Ku; Aku melakukannya, siapakah yang dapat mencegahnya?" Yesaya 43:10-13 

      Dari NUBUAT, YANG AKAN DIGENAPI oleh YESUS, ada 2 (dua) bagian yang HARUS DIGENAPI oleh YESUS yaitu seorang perempuan muda mengandung, dan seorang anak laki-laki yang dilahirkan yang dinamakan Imanuel. Dan dari 2 (dua) bagian, yang apabila dijabarkan, ada 4 (empat) bagiannya yaitu :
a.       NUBUAT seorang perempuan muda
b.      NUUBUAT seorang perempuan muda yang akan mengandung
c.       NUBUAT seorang perempuan muda yang akan mengandung seorang anak laki-laki, dan melahirkannya.
d.      NUBUAT seorang anak laki-laki yang telah dilahirkan, dan dinamakan Imanuel.

PERTANYAANNYA dari Pengakuan-Nya YESUS di Matius 5:17 :
      SIAPAKAH yang menggenapinya atau yang menjadikannya seorang perempuan muda?
      SIAPAKAH yang menggenapinya atau yang menjadikannya seorang perempuan muda mengandung?
      SIAPAKAH yang menggenapinya atau yang menjadikannya anak laki-laki itu?
      SIAPAKAH yang menggenapinya atau yang menjadikannya anak itu, dengan sebutan Imanuel?
      Apa arti dari Imanuel?
      Siapakah nama-Nya Allah yang menyertai kita?

MARILAH KITA UJI BERLOGIKA dari Perkataan-Nya YESUS dengan gambar ini! Sebab kami memahami semua yang terlintas di dalam pikiran manusia di dunia ini, dimana ketika seorang sudah dewasa (Media ini) sedang mengatakan, bahwa Ia akan menggenapi seluruh Hukum Taurat dan Kitab para nabi, dan ketika itu yang dunia manusia yang terlintas pikiran HANYALAH KEDEPAN , bahwa seorang dewasa (Media ini) menyerahkan dirinya untuk disalibkan. SEKARANG KAMI MINTA SDRA-SDRI YANG HADIRI DISINI BERPIKIRLAH KEBELAKANG! Sebab pikiran yang terlintas sudah lama yang menjadi ajang perdebatan, bahwa YESUS menyerahkan diri-Nya untuk disalibkan atau bunuh diri. 

Gambar link ini memberikan alur logika cara berpikir, siapakah YESUS, apakah media-Nya itu yang sedang mengatakannya di Matius 5:17, atau ROH yang sedang mengatakannya di Matius 5:17?

PERHATIKANLAH Yesaya 7:14 dan Matius 5:17! Jadi singkatnya begini, adakah di dunia ini, ada seorang dewasa yang mengatakan demikian : aku yang menjadikan atau yang menciptakan seorang perempuan, dan perempuan itu lahir menjadi perempuan muda dewasa dan melahirkan seorang anak, dan anak itu menjadi dewasa adalah aku sendiri? Coba sdra-sdri disini berpikir!

      Jadi disini kita juga diajak berpikir, apakah media-Nya yang sedang mengatakan di Matius 5:17, itu  bersumber dari rohnya manusia atau bersumber dari ROH?

      Dan disinilah kita juga diajak untuk berpikir, apakah media-Nya yang sedang mengatakan di Matius 5:17 itu ada rohnya atau hanyalah ROH yang mengatakannya di dalam seluruh Injil Kitab suci-Nya?

      Jika sdra-sdri mengatakannya ROH yang sedang mengatakannya di Matius 5:17, oleh karena itu siapakah ROH nama-Nya yang sedang mengatakan “Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya”?

      Disinilah kita juga diajak untuk berpikir, apakah media-Nya itu ada namanya, yang sedang mengatakan di Matius 5:17?

      Jadi kita disini untuk diajak berpikir, untuk mengetahui struktur dari media-Nya itu, apakah ada rohnya dan jiwanya : yaitu kehendaknya, pikirannya, perkataannya, perasaannya?

      Semuanya itu, dan karena inilah kita diajak untuk berpikir, bagaimana cara kerja-Nya YESUS untuk menebus dosa bagi umat manusia, dari semua jawaban sdri-sdra diatas! Dan Apa yang melatar belakang penebusan dosa? Dan kapan waktu tindakan YESUS untuk menebus dosa sdra-sdri yang hadir disini?


Gambar link diatas memberikan alur logika cara berpikir, siapakah YESUS, apakah media-Nya itu atau ROH? Jawabanya; ROH Wujud-Nya YESUS, sebab nama saja, artinya TUHAN, Dialah Wujud-Nya ROH. Jadi Wujud-Nya YESUS bukanlah media-Nya itu. Ada tertulis : Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan. 2Korintus 3:17. Dan TUHAN itu bukanlah Wujud-Nya manusia, ada tertulis : Sebab Aku ini Allah dan bukan manusia, Yang Kudus di tengah-tengahmu, dan Aku tidak datang untuk menghanguskan. Hosea 11:9b.

Oleh karena itu, dari pengakuan YESUS sendiri di Matius 5:17, YESUS lah sendiri yang telah menjadikan Maria, dan anak laki-laki itu. Jadi Maria maupun anak laki-laki itu dijadikan oleh YESUS sendiri. Dan khususnya anak laki-laki itu media-Nya, sehingga kamu semua dapat mendengar Suara-Nya YESUS yang adalah TUHAN Allah kita.


      Jadi disini kita juga diajak berpikir, apakah media-Nya yang sedang mengatakan di Matius 5:17, itu  bersumber dari rohnya manusia atau bersumber dari ROH?

PERHATIKANLAH! Aku dan Bapa adalah satu, ini dimaksudkan , kata Aku bukanlah pribadi media-Nya itu, tetapi kata "Aku" disini menunjukan sebagai kata gantinya "Firman", Dan Firman itu milik kepunyaan-Nya Bapa (ROH). Dan Firman itu milik kepunyaan-Nya Bapa, itulah maksud 'Aku dan Bapa adalah satu". Jadi kata "Aku dan Bapa adalah satu", inilah maksudnya juga, dari Yohanes 1:1, Firman itu bersama-sama dengan Allah.
Jadi kata "Aku" itu makna kiasan yang menyatakan milik kepunyaan-Nya, diantaranya " Aku sebagai kata gantinya Firman atau Perkataan atau Anak", dan kata "Aku" juga sebagai kata gantinya Roh Kudus yaitu Roh Kebenaran". Dan kata Aku ini juga menyatakan sebagai Bapa, dan ini bukan makna kiasan tetapi makna sebenarnya, yang adalah Sumber-Nya Firman atau Sumber-Nya Perkataan atau Sumber-Nya Anak (huruf A besar) dan Sumber-Nya Roh (Roh Kudus yaitu Roh Kebenaran)!


JADI DISINI SUDAH SEMAKINLAH JELAS, untuk memahami, maksud dari kata "Aku" yang dikatakan oleh YESUS yang adalah Bapa kita! Dimana kata 'Aku" tidaklah melekat pada Media-Nya, tetapi melekat pada milik kepunyaan-Nya ROH, sebab Firman, yang digunakan dengan kata gantinya, dengan kata "Aku" itu bersama-sama dengan ROH (Yohanes 1:1). Demikian juga Roh, yang digunakan dengan kata gantinya, dengan kata “Aku” itu bersumber dari ROH. Sebab itulah ROH itu Sumber-Nya Firman, Dialah juga Sumber-Nya Roh, atau dengan kata lain, ROH itu Sumber-Nya “Aku”, Dialah juga Sumber-Nya “Aku”. Dengan kata lain, kata “Aku” itu adalah Jiwa-Nya ROH, yang adalah “Aku” di dalam ROH. Ada tertulis : Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Yohanes 14:20.



Demikian juga maksud dari makna kata “Kita” dari perkataan Allah, bagi Allah dan bagi manusia! Kata “Kita” tidaklah diartikan kata jamak yang adalah perkataan Allah, di dalam Kitab Suci yang dituliskan di dalam Kejadian 1:26, Sebab kata “Kita” menyatakan kepada Bapa dan Anak, yang ada tertulis : Bapa yang merencanakan segala sesuatu dan Anak menjadikan segala sesuatu, yang telah direncanakan oleh Bapa (1 Korintus 8:6). Demikianlah supaya kamu semua mengerti kata “Kita” bukanlah kata jamak, melainkan satu kesatuan yang adalah menyatakan Kuasa dari segalanya yang merencanakan segala sesuatu yaitu Allah (Bapa) dan menjadikan segala sesuatu yaitu firman-Nya yang adalah Perkataan-Nya. Dan hanyalah satu Bapa yang Benar dan Dialah Bapa yang Hidup di sorga dan yang telah menyatakan kuasa-Nya. 
Ada tertulis : Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu. Yohanes 16:25




Jadi kata "Aku" itu makna kiasan yang menyatakan milik kepunyaan-Nya, diantaranya " Aku sebagai kata gantinya Firman atau Perkataan atau Anak", dan kata "Aku" juga sebagai kata gantinya Roh Kudus yaitu Roh Kebenaran". Dan kata Aku ini juga menyatakan sebagai Bapa, dan ini bukan makna kiasan tetapi makna sebenarnya, yang adalah Sumber-Nya Firman atau Sumber-Nya Perkataan atau Sumber-Nya Anak (huruf A besar) dan Sumber-Nya Roh (Roh Kudus yaitu Roh Kebenaran)!

      Dan disinilah kita juga diajak untuk berpikir, apakah media-Nya yang sedang mengatakan di Matius 5:17 itu ada rohnya atau hanyalah ROH yang mengatakannya di dalam seluruh Injil Kitab suci-Nya?

Jadi hendaknya manusia janganlah berpikir dengan menggunakan pikirannya manusia, tetapi gunakanlah Pikiran-Nya YESUS, sebab YESUS ya tetaplah YESUS, dan media-Nya tetaplah media-Nya. Kalau dikatakan media-Nya itu manusia, hanyalah dari unsur material yang terbentuk, tetapi roh dan jiwa, media-Nya itu tidaklah memilikinya, sebab ROH yang adalah Allah yaitu Bapa kita YESUS kepenuhannya. Maka Perkataan-Nya yang kamu dengar, bukanlah bersumber dari media-nya itu. Jadi media-Nya ini bukanlah inkarnasi, atau bukanlah perubahan dari Firman menjadi manusia, dan TIDAKLAH memiliki roh dan jiwanya sendiri. Sebab Firman itu bersama-sama dengan ROH, yang artinya Firman itu milik kepunyaan-Nya ROH, jadi Firman itu bukanlah milik kepunyaan-Nya Media-Nya itu. Sdra keliru.KENALILAH DIRIMU sendiri, apakah sumbernya kata-katamu bersumber dari daging tubuhmu? Kan tidak, sebab sumbernya kata-katanya manusia, itu bersumber dari rohnya manusia. DAN UNIK DISINI bagi media-Nya itu, TIDAK ADA rohnya atau jiwanya manusia, tetapi Kepenuhan ROH yang adalah Allah yaitu Bapa kita YESUS Kristus, Dialah Sumber-Nya Firman, Dialah Sumber-Nya Roh.



Keterangan gambar :  Kata Bapa, yang juga disebut dengan sebutan Allah, Dialah Wujud-Nya ROH, Dialah Sumber-Nya Roh, Dialah Sumber-Nya Firman. Dan maksud penulisan kata ROH (semuanya huruf besar) dan kata Roh (huruf R besar), untuk membedakan Sumber-Nya dan bagian dari Sumber-Nya. Dimana kata Roh adalah bagian dari ROH, sebab ROH Sumber-Nya Roh. Dan ROH yang digambarkan serupa manusia  ini, hanyalah gambaran untuk mengenal ROH yaitu Wujud-Nya Allah kita. Tetapi sesungguhnya, ROH yang adalah Wujud-Nya Allah kita,  ROH inilah yang memenuhi langit dan bumi dan kepenuhan-Nya di dalam media-Nya, dan tidak dapat digambarkan.  Dan oleh karena itu, Perkataan yang kamu dengar, itu semuanya bersumber dari ROH.
Perkataan, Pikiran, Kehendak, Perasaan, inilah disebut Jiwa-Nya ROH atau Jiwa-Nya Allah. Dan Jiwa-Nya Allah ini melekat pada ROH, yaitu Allah sendiri! Dan Jiwa-Nya Allah ini tidaklah melekat pada Media-Nya! Dan Jiwa-Nya Allah ini yang memenuhi langit dan bumi dan kepenuhan-Nya di dalam media-Nya, dan tidak dapat juga digambarkan. Dan oleh karena itu, Perkataan yang kamu dengar, dan Roh yang tercurahkan bagi Penebusan dosanya (Matius 20:28; Markus 10:45) manusia adalan Jiwa-Nya  Allah sendiri!

Jika sdra-sdri mengatakannya ROH yang sedang mengatakannya di Matius 5:17, oleh karena itu siapakah ROH nama-Nya yang sedang mengatakan “Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya”? 

INI PENEGASANNYA, dari nama YESUS saja, itu artinya TUHAN. Sebab dari pertanyaannya sdra, itu sdra melihat rupanya manusia, dan manusia itu media-Nya YESUS. Jadi sdra harus membedakan mana yang disebut YESUS, yang mana yang disebut media-Nya YESUS. Jadi pertanyaannya sdra dari sudut pandangan media-Nya YESUS. Media-Nya YESUS itu tidak ada rohnya manusia, tetapi kepenuhan ROH, yaitu Bapa yang nama-Nya TUHAN, yang disebut dengan sebutan YESUS. Jadi jika Media-Nya YESUS, ada rohnya manusia, maka tidak akan pernah kamu dengar, dari pengakuannya 'Aku adalah Bapa". Oleh karena itu yang berkata 'Aku adalah Bapa" adalah ROH sendiri yang telah mengatakannya 'Aku adalah Bapa", dan Bapa itulah sebutan YESUS, ada tertulis : Kata Filipus kepada-Nya: "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami." Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. Yohanes 14:8-9

BERBEDA dengan YESUS, atau kami sebutkan saja berbeda dengan TUHAN, sebab kata YESUS itu berasal dari bahasa Ibrani, yang artinya YEHOSHUA (YAH + HOSAH). Dimana kata YAH adalah kata Nama Kepemilikan dari nama-Nya EloHim (Ibrani) kita atau nama-Nya Allah (Indonesia) kita. Atau dengan kata lain, Nama Kepemilikan dari Allah kita adalah YAH (Ibrani) yang artinya TUHAN (Indonesia). Dan Keselamatan hanyalah YAH (Ibrani) atau TUHAN (Indonesia) yang bekerja untuk Menyelamatkan bagi umat manusia. Jadi selain dari YAH, siapapun dia di dunia, dan sekalipun Media-Nya juga tidak dapat melakukan Penyelamatan bagi umat manusia. Sebab ada tertulis : Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku. Yesaya 43:11. Maka sebutan YAH (Ibrani) atau TUHAN (Indonesia) yang bertindakan untuk Menyelamatkan, itu yang disebut dengan sebutan YEHOSHUA. Jadi sebutan YEHOSHUA, bukanlah sebutan pada manusia atau bukanlah juga sebutan pada Media-Nya itu, sebab sebutan itu hanyalah bagi YAH (Ibrani) yang bertindak untuk Menyelamatkan. Dan oleh karena itu Media-Nya bukanlah disebut dengan sebutan YEHOSHUA, melainkan kepenuhan YEHOSHUA yang menyertainya dan umat manusia!

Media-Nya bukanlah disebut dengan sebutan YEHOSHUA, melainkan kepenuhan YEHOSHUA yang menyertainya dan umat manusia. Jadi disinilah Kebenaran Kitab Suci-Nya, mencatat dengan sebutan ImanuEl, yang artinya Allah menyertai kita. Dan kita dapat menggantikan kata Allah itu dengan kata TUHAN, sebab Kebenaran Kitab Suci-Nya nama Allah kita adalah TUHAN. Maka dapat juga disebutkan dengan sebutan “ImanuYAH”, yang artinya TUHAN menyertai kita. Jadi Penyertaan YAH yang senantiasa menyertai kita, yang tujuan-Nya YAH untuk menyelamatkan umat manusia, inilah yang disebut dengan sebutan YEHOSHUA. Dan inilah Pengakuan-Nya YESUS, ada tertulis : Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,  dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman. Matius 28:19-20

Dan nama lain dari Kristus itu Firman, atau yang disebut Firman TUHAN, Jadi Firman atau Kristus itu melekat atau milik kepunyaan-Nya YESUS, maka disebut YESUS Kristus! Jadi media-Nya itu bukan juga disebut Kristus, sebab Kristus artinya Firman, dan Firman itu Wujud-Nya bunyi, jadi bukan wujudnya daging. BUNYI yang adalah kata-kata YESUS itu yang disebut Kristus (Yohanes 1:1). Jadi BUNYI yang disebut Kristus bukan bersumber dari media-Nya, sebab yang berkata adalah YESUS sendiri, yang Wujud-Nya ROH!
Jadi Firman yang kamu dengar bersumber dari YESUS, itu yang disebut Kristus! Jadi media-Nya itu bukan disebut Kristus!
Kristus artinya yang diurapi. Apa yang diurapi, itu artinya yang menerima Kuasa dari YESUS, untuk menghakimi dunia. Apa yang meghakimi dunia, yaitu Firman-Nya YESUS sendiri, yang disebut Kristus yang menghakimi dunia.


      Disinilah kita juga diajak untuk berpikir, apakah media-Nya itu ada namanya, yang sedang mengatakan di Matius 5:17?

Media-Nya bukanlah disebut dengan sebutan YEHOSHUA, melainkan kepenuhan YEHOSHUA yang menyertainya dan umat manusia. Jadi disinilah Kebenaran Kitab Suci-Nya, mencatat dengan sebutan ImanuEl, yang artinya Allah menyertai kita. Dan kita dapat menggantikan kata Allah itu dengan kata TUHAN, sebab Kebenaran Kitab Suci-Nya nama Allah kita adalah TUHAN. Maka dapat juga disebutkan dengan sebutan “ImanuYAH”, yang artinya TUHAN menyertai kita. Jadi Penyertaan YAH yang senantiasa menyertai kita, yang tujuan-Nya YAH untuk menyelamatkan umat manusia, inilah yang disebut dengan sebutan YEHOSHUA (Ibrani) atau YESUS (Indonesia). Oleh karena itu media-Nya itu tidak ada namanya!


Keterangan gambar : Tanda anak panah ini, menunjukkan Allah yang memenuhui langit dan bumi, dan yang kepenuhan-Nya menyertai media-Nya (kita). Jadi disinilah Kebenaran Kitab Suci-Nya, mencatat dengan sebutan ImanuEl, yang artinya Allah (Aku dan Bapa yang adalah satu) menyertai kita. Dan kita dapat menggantikan kata Allah itu dengan kata TUHAN, sebab Kebenaran Kitab Suci-Nya nama Allah kita adalah TUHAN. Maka dapat juga disebutkan dengan sebutan “ImanuYAH”, yang artinya TUHAN menyertai kita. Jadi Penyertaan YAH yang senantiasa menyertai kita, yang tujuan-Nya YAH untuk menyelamatkan umat manusia, inilah yang disebut dengan sebutan YEHOSHUA (Ibrani) atau YESUS (Indonesia). Oleh karena itu media-Nya itu tidak ada namanya!

Ada tertulis : Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Yohanes 3:16. yang kamu dengar dengan sebutan Anak Yang Tunggal. Kata Anak itu makna kiasan, yang artinya Firman atau yang disebut Kristus. Jadi Wujud-Nya Anak itu Firman yaitu Perkataan-Nya YESUS, dan jadi kata Anak (huruf A besar) bukannya seperti gambar ini yang adalah media-Nya. Jadi media-Nya ini bukanlah disebut Anak Yang Tunggal, Oleh karena itu maksud dari Anak Yang Tunggal, yaitu Firman atau Perkataan yang kamu dengar, berasal dari Allah Yang Tunggal atau Allah yang esa!. Allah itu ada nama-Nya, dan nama-Nya adalah TUHAN (Indonesia) - YAH (Ibrani) - YEHOSHUA (Ibrani yang atinya TUHAN yang Menyelamatkan) - YESUS (Indonesia).
Sdra-sdri yang terkasih  harus membedakan kata Anak (A huruf besar) dan kata anak (huruf a kecil). Dan kata anak (huruf a kecil) itu yang disebut media-Nya YESUS. Dan yang harus dingat disini media-Nya YESUS tidak ada rohnya manusia, melainkan kepenuhan ROH yaitu YESUS sendiri. Dan Khususnya kata anak-anak di Ibrani 2:14, itu bagi semuanya manusia, tentunya disini ada rohnya manusia!

      Jadi kita disini untuk diajak berpikir, untuk mengetahui struktur dari media-Nya itu, apakah ada rohnya dan jiwanya : yaitu kehendaknya, pikirannya, perkataannya, perasaannya?

Dan ROH yaitu YESUS inilah yang memenuhi langit dan bumi dan tidaklah bertepi. Jadi yang kamu lihat hanyalah media-Nya, tetapi seluruh-Nya Pikiran-Nya YESUS, Kehendak-Nya YESUS, Kata-kata-Nya YESUS.


Jadi sdra-sdriku disini harus teliti seluruh kata dari tulisan di dalam seluruh Kitab Suci-Nya, jadi tidak ada kata anak (huruf a kecil) yang digunakan sebagai perwakilan dari perkataan-Nya YESUS, tetapi semuanya dituliskan dengan kata Anak (huruf A besar). Kata Anak (huruf A besar) ini semuanya digunakan dan ditunjukkan kepada kepemilikan YESUS. Kata 'Aku" digunakan sebagai kata gantinya "Firman" atau "Perkataan" atau 'Anak". Dan Perktaan yang kamu dengar seluruhnya bersumber dari ROH yaitu Bapa. Jadi inilah BUKTI YANG KEDUA, bahwa ROH yaitu BAPA yang kepenuhan di dalam media-Nya itu. Jadi tidak ada rohnya manusia. Dan Bapa yaitu YESUS Kristus yang kepenuhan di dalam media-Nya itu,

Kata anak (huruf a kecil) menujukkan existensinya manusia, dan kata Anak (huruf A besar) menujukkan exitensi milik kepunyaan-Nya Bapa, sebab ada tertulis Anak (diwakili dengan kata Aku) dan Bapa adalah satu (Yohanes 10:30). Jadi bukanlah penulisan Kitab Suci-Nya 'anak dan Bapa" adalah satu, melainkan 'Anak dan Bapa adalah satu". Ini dimaksudkan Anak (huruf A besar), itu bersumber dari ROH. Ini artinya semua Perkataan-Nya yang kamu dengar dari media-Nya itu, itu semua bersumber dari ROH. jadi disini sudah sangatlah jelas, dari seluruh perbendaharaan buktti Kitab Suci-Nya, tidak ada penulisan kata anak (huruf a kecil) dan Bapa adalah satu.

Jadi dari seluruh Perkataan-Nya YESUS yaitu Bapa kita, kata anak (huruf a kecil) bukanlah Anak (huruf A besar). Sebab anak (huruf a kecil) tidak menghasilkan kata-kata atau tidak ada sumbernya kata-kata, sebab rumusannya sumbernya kata-kata itu bersumber dari roh. Dengan demikian media-Nya atau anak (huruf a kecil) tidak ada rohnya manusia. Dan kata Anak itu bersumber dari ROH yaitu Bapa. Oleh karena itu Anak atau Firman yang kamu dengar itu semuanya bersumber dari ROH yaitu Bapa. Dengan demikian media-Nya itu hanyalah kepenuhan ROH yaitu Bapa, dan tidak ada rohnya manusia. Dan Bapa itu yang disebut YESUS Kristus.


      Semuanya itu, dan karena inilah kita diajak untuk berpikir, bagaimana cara kerja-Nya YESUS untuk menebus dosa bagi umat manusia, dari semua jawaban sdri-sdra diatas! Dan Apa yang melatar belakang penebusan dosa? Dan kapan waktu tindakan YESUS untuk menebus dosa sdra-sdri yang hadir disini?

Apa yang melatar belakangi adanya TINDAKAN JURUSELAMAT? Perhatikan dan sedikilah!

Hanyalah satu Allah yaitu YESUS KRISTUS! Pengertian dan Cara Kerja Pengampunan dosa hanyalah ada pada pengertian Allah sendiri. Mengapa Allah juga tidak mengampuni dosa, yang hanya dengan berkata saja "dosamu sudah diampuni, dan janganlah lagi berbuat dosa", ketika adam dan hawa telah melanggar ketetapan Allah, dan bahkan mereka telah mengakui perbuatan dosa, dan lagi perbuatan dosa tidak direncanakan dan Adam tidak sadarkan diri oleh mereka. Bukankah perbuatan dosa dan perilaku yang mereka lakukan sejak saat itu, sama seperti kita dan manusia lainnya yang sampai sekarang, juga setiap hari mengakui perbuatan dosa, bahkan dengan kesadaran berbuat dosa?

DISINILAH CATATAN PENTING! Bahwa kematian Tubuh di kayu salib BUKANLAH UNTUK PENEBUSAN DOSA, TETAPI PENGGENAPAN NUBUAT!
Berikut ini petanya manusia, yang adalah Rancangan YESUS Bapa kita, yang dimulai Penciptaan-Nya hingga Tindakan Pengampunan-Nya. Sehingga mengapa TUHAN YESUS KRISTUS Bapa kita tidak mengampuni mereka pada waktu itu.
A. "ADA GAMBAR DAN RUPA-NYA (Kejadian 1:26-27) yaitu Roh-Nya di dalam diri adam dan hawa, yang menjadikan manusia itu hidupnya kekal -----(akibat dosa, bacalah Kejadian 3:11-13)----B.

B. HILANG GAMBAR DAN RUPA-NYA atau Roh-Nya, oleh karena itu hanyalah rohnya manusia di dalam diri manusia, yang menjadikan manusia itu mati dan binasa kekal, bacalah Kejadian 3:19;22 ---------(Karena BESAR KASIH-NYA YESUS BAPA kita mencurahkan Roh-Nya kembali, bacalah Matius 20:28; Markus 10:45)---------C.

C. ADA GAMBAR DAN RUPA-NYA (2Korintus 3:17-18) yaitu Roh-Nya di dalam diri setiap orang percaya dan yang telah bertobat, yang tetap setia dan taat akan segala Firman-Nya", yang menjadikan rohnya manusia itu kembali hidup kekal, bacalah Yohanes 3:13-18.

Sdra-sdriku yang terkasih di dalam TUHAN YESUS KRISTUS BAPA kita, perhatikanlah dan selidikilah, semua tubuhnya manusia telah mati, dan akan mati. Dan semua tubuhnya manusia telah mati menjadi debu, ini merupakan bagian saksi hidup kita masing-masing manusia akibat perbuatan dosa, dan bagaimana dengan rohnya manusia? Bukankah setiap perbuatan kegiatan manusia atas kehendaknya rohnya manusia? Ya benar, memang setiap perbuatan manusia itu semua bersumber dari kehendak rohnya manusia. Dan kemanakah rohnya manusia, setelah semua manusia menyaksikan setelah tubuh manusia itu hancur menjadi debu?

Dan satu Allah itu yaitu YESUS KRISTUS, apa yang melatarbelakangi hanyalah pengertian Allah sendiri (Yesaya 55:8-9) arti dari pengampunan dosa, dan bukan pengertiannya manusia? Sebab mulainya jaman jatuhnya manusia ke dalam dosa (Kej 3:16-19), Allah juga tidak mengampuni perbuatan dosanya adam dan hawa (Kejadian 3:17-19), sekalipun keduanya sudah mengakui atas perbuatan mereka (Kejadian 3:12-13), yang berawal dihasut oleh iblis (Kej 3:13), dan juga dengan tidak direncanakan oleh mereka, dan Adam lagi juga tidak sadarkan diri (Kej 3:6;12)? Demikian sampai sekarang, hal Inilah yang Allah maksudkan bukannya rasa, pikiran, yang menjadikan iman dirimu sendiri bahwa dosamu telah diampuni oleh Allah, dengan berbagai usahamu, mengakui perbuatan dosamu, sekalipun perbuatan dosa tidak kamu rencanakan atau kamu juga tidak sadarkan diri.


Bacalah dengan TELITI!
Sdra-sdriku yang terkasih di dalam TUHAN YESUS KRISTUS BAPA kita, perhatikanlah dan selidikilah! Dan janganlan kamu semua memakai pikiran manusia, dan sekarang bacalah yang adalah pikiran Kristus!
Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan. Ada tertulis : Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan. Yohanes 13:13

Dan kemerdekaan, itu artinya, bahwa kamu telah dinyatakan bebas dari hukum dosa dan hukum maut, jika kamu telah telah menerima Roh-Nya Kristus dan tinggal ada di dalam kamu, ada tertulis Roma 8:1-2
1 Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus.

2 Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut.

Dan barangsiapa yang telah menerima Roh-Nya Kristus, merekalah disebut anak-anak Kristus atau anak-anak Allah, dan merekalah sungguh-sungguh telah dinyatakan merdeka dari hukum dosa dan hukum maut. Dan karena hanya satu PENEBUSAN DOSA, dan hanyalah mereka dinyatakan merdeka dari hukum dosa dan hukum maut, dan karena itu hanyalah satu Bapanya mereka, yang mereka telah kenal yaitu YESUS KRISTUS, karena Roh Kristus yang ada di dalam mereka! Ada tertulis : Roma 8:14-16
14 Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.

15 Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!"

16 Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah.

●Dan apa yang melatarbelakangi hanyalah pengertian Allah sendiri?
Ada persamaan kata "gambar dan rupa Kita" (Kejadiann1:26) dengan kata "serupa dengan gambar-Nya" (2Korintus 3:17-18). Oleh karena itu yang dimaksudkan "gambar dan rupa Kita" atau "serupa dengan gambar-Nya" yaitu Roh-Nya Tuhan atau Roh-Nya Kristus.
Ada tertulis (PL) : Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi." Kejadian 1:26

Ada tertulis (PB) : Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan. Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar. 2Korintus 3:17-18

●Berikut ini petanya manusia, yang adalah Rancangan YESUS Bapa kita, yang dimulai Penciptaan-Nya hingga Tindakan Pengampunan-Nya. Sehingga mengapa TUHAN YESUS KRISTUS Bapa kita tidak mengampuni mereka pada waktu itu.
A. "ADA GAMBAR DAN RUPA-NYA (Kejadian 1:26-27) yaitu Roh-Nya di dalam diri adam dan hawa, yang menjadikan manusia itu hidupnya kekal -----(akibat dosa, bacalah Kejadian 3:11-13)----B.

B. HILANG GAMBAR DAN RUPA-NYA atau Roh-Nya, oleh karena itu hanyalah rohnya manusia di dalam diri manusia, yang menjadikan manusia itu mati dan binasa kekal, bacalah Kejadian 3:19;22 ---------(Karena BESAR KASIH-NYA YESUS BAPA kita mencurahkan Roh-Nya kembali, bacalah Matius 20:28; Markus 10:45)---------C.

C. ADA GAMBAR DAN RUPA-NYA (2Korintus 3:17-18) yaitu Roh-Nya di dalam diri setiap orang percaya dan yang telah bertobat, yang tetap setia dan taat akan segala Firman-Nya", yang menjadikan rohnya manusia itu kembali hidup kekal, bacalah Yohanes 3:13-18.

Dan rancangan-Nya akan besar kasih-Nya Allah inilah kepada manusia, sebelum langit dan bumi dijadikan oleh Allah, bahwa Allah akan menjadikan manusia adalah kepunyaan-Nya Allah dan milik-Nya Allah sendiri. Kepunyaan-Nya dan milik-Nya sendiri dari Allah (ROH) adalah Roh. Dan Roh itu sumber-Nya dari ROH (Allah), yang akan dihembuskan kepada manusia ciptaan-Nya, untuk menjadi segambar dan serupa dengan Allah.

Gambar dan rupa-Nya Allah, yaitu Roh Allah atau Napas-Nya Allah, yang adalah panggilan Allah, hanyalah satu Allah. Dan Napas-Nya Allah adalah ciptaan manusia baru bagi kita semua, seperti dahulu kala pada zaman ciptaan-Nya. Dan segala iman dan pengharapan di dunia ini, akan lenyap. Sebab beragamnya iman dan harapan di dunia ini, telah mengimani manusia yang hidup pada zaman ciptaan-Nya, namun telah hilang Roh-Nya di dalam diri manusia. Dan tidak ada satupun menyangkal akan iman ini, sebab semua pribadi manusia adalah dosa, yang mereka telah mengimani pula.
https://www.facebook.com/yohanis.dojasay/posts/698354200324826

Sandaran Allah yang menjadikan manusia itu hidup baru, yang disebut anak Allah (Yohanes 16:16-22). Dan setiap anak Allah tentu mengenal Allah yang adalah Bapa-Nya (Yohanes 16:23), dan tidak akan menanyakan sesuatu kepada Bapa, sebab apa yang Bapa mau, anak-anak-Nya pun mengetahuinya, dan apa yang Bapa katakan, anak-anak-Nya pun mendengar dan mengerti ( 1Korintus 2:16 ). Demikian juga segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepada anak-anak-Nya ( Rom 8:17; Gal 4:7).

Demikianlah sandaran antara Allah yang adalah Bapa dengan anak-anak-Nya (Yohanes 16:16-23), yang adalah tujuan-Nya Allah sendiri di seluruh Kitab Suci : supaya semua manusia menjadi satu yaitu menjadi segambar dan serupa dengan Allah sendiri (Yohanes 14:20; Yohanes 17:11; Yohanes 17:21; Yohanes 17:22; Yohanes 17:23).

"Aku telah mengasihi kamu" (Yohanes 16:16-22) bahwa kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu (Yohanes 16:16-23). Makna dari kalimat-Nya "kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu", sama halnya adalah "kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu". Bahwa firman-Ku tinggal di dalam kamu, bukanlah lagi kamu yang menghendaki melakukan Firman-Ku, melainkan kamu adalah pelaku Firman-Ku, artinya kamu adalah Penurut yang menuruti Firman-Ku. Sebab bukanlah lagi kamu yang hidup, melainkan Firman-Ku yang hidup. Dan Firman-Ku yang hidup adalah Roh-Ku yang diam dan tinggal di dalam kamu (rohmu).
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Dari kiasan yang tertulis di Yohanes 16:21, bahwa kamu akan dinyatakan sebagai anak Allah yang lahir baru, dimana Roh-Nya Allah akan diam dan tinggal di dalam dirimu (Roma 8:14). Dan setiap anak Allah tentu mengenal Bapanya yaitu YESUS Kristus, Dialah ROH sumber-Nya Roh, yang akan memberikan Roh-Nya kepada semua orang yang mau percaya dan mau menerima-Nya (Yohanes 16:23-26).
Berikut ini beberapa makna kiasan yang menyatakan bahwa hanyalah YESUS Kristus Bapa Sumber-Nya Roh, bagi anak-anak-Nya yang telah menerima Roh-Nya, yang serupa dan segambar dengan BAPA kita YESUS Kristus.
https://m.facebook.com/yohanis.dojasay/posts/836364106523834

a. Dialah pokok daging dan darah yang hidup, yang juga diwakili dengan sebutan Roti (ROH), dan kamu menjadi hidup makan dari daging-Nya dan minum dari darah-Nya (Roh) (Yohanes 6:53-63).

b. Dialah sumber-Nya mata air (ROH), dan kamu menjadi hidup minum air (Roh) dari pada-Nya (Yohanes 4:13-14).

c. Dialah pokok anggur (ROH) dan kamulah ranting-rantingnya (Roh), sebab diluar darpada-Nya kamu tidak dapat berbuat apa-apa (kamu tidak dapat menjadikan diri kamu bangkit dan hidup dari kematian rohmu yang kekal) (Yohanes 15:4-6).
https://m.facebook.com/yohanis.dojasay/posts/749052728588306
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------








Memahami Semua Perkataan-Nya YESUS yang adalah TUHAN, itu ada dasar hukum-Nya : Ada tiga AKAR KUNCI untuk MENGERTI dan MEMAHAMI perkataan YESUS Kristus Bapa kita, di dalam seluruh Kitab Suci :
1.                      Menggenapi Firman-Nya yang tertulis seluruh Kitab Suci, ada tertulis : "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Mat 5:17
2.                      Menyampaikan maksud dan tujuan dari Firman-Nya kepada seluruh umat manusia. Jadi disini disampaikan dengan berbagai perumpamaan dan kiasan.
a.                      Ada makna PERUMPAMAAN
b.                     Makna KIASAN dari sumbernya yang menghidup bagi manusia, baik dari alam maupun dari manusia sendiri ; terang, air, pokok anggur, daging dan darah. Ada tertulis : Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu. Yohanes 16:25
c.                      Makna KIASAN dari : Kata-Kata atau Perkataan yang bersumber dari Sumber-Nya Perkataan : dinataranya dari kata “UTUSAN dan kata KEPEMILIKAN”.
3.                      Mengesahkan Firman-Nya bagi keselamatan seluruh umat manusia. Berbagai hukum dan ketetapan-Nya yang semuanya sudah disempurnakan, dan yang sudah ditetapkan-Nya menjadi ketetapan hukum bagi kita dunia.
a.                      Menyempurnakan Hukum dan Ketetapan-Nya
b.                     Dari Kesempurnaan itu, memperjelas maksud dari semua hukum Taurat dan Kitab para nabi, yaitu Menerima Roh-Nya, adalah Jalan Keselamatan dunia manusia yaitu satu-satu Jalan supaya dapat masuk Sorga. Jadi disini DIPERTEGASKAN KEMBALI maksud dari seluruh kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur.

Jadi kata "Aku" itu makna kiasan yang menyatakan milik kepunyaan-Nya, diantaranya " Aku sebagai kata gantinya Firman atau Perkataan atau Anak", dan kata "Aku" juga sebagai kata gantinya Roh Kudus yaitu Roh Kebenaran". Dan kata Aku ini juga menyatakan sebagai Bapa, dan ini bukan makna kiasan tetapi makna sebenarnya, yang adalah Sumber-Nya Firman atau Sumber-Nya Perkataan atau Sumber-Nya Anak (huruf A besar) dan Sumber-Nya Roh (Roh Kudus yaitu Roh Kebenaran)!
Jadi semua perkataan yang telah dikatakan-Nya kita semua mengenal, siapakah yang sesungguhnya yang telah mengatakan-Nya, itulah maksud dari Yohanes 17:3. Sebab arti dari kata UTUSAN, ini makna KIASAN, yang artinya Firman atau Perkataan yang telah kamu dengar itu, bersumber dari nama kepemilikan Perkataan itu, demikianlah Perkataan yang kamu dengar, bersumber dari Allah kita, Dialah nama-Nya YESUS Kristus!