Jumat, 01 Februari 2019

Bukti-bukti dari Pengakuan-Nya YESUS bahwa YESUS tidak dilahirkan

YESUS tidaklah dilahirkan! 
1. Bukti-bukti dari Pengakuan-Nya YESUS bahwa YESUS tidak dilahirkan
2. Arti kata YESUS, Wujud-Nya YESUS
3. Arti dan makna dari kata "Lahir".
4. Penjelasan maksud kata "Lahir"  dari ayat-ayat  yang dituliskan di dalam Kitab Suci-Nya, diantaranya, Yesaya 9:5; Matius 1:21-23;;Lukas 1:34-35 dan Lukas 2:11


1. Bukti-bukti dari Pengakuan-Nya YESUS bahwa YESUS tidak dilahirkan

a. "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Matius 5:17

Bukti ini saja, YESUS tidaklah dilahirkan, sebab YESUS yang telah merencanakan semua nubuat tentang anak laki-laki itu, dan YESUS juga sendiri yang telah menjadikan anak laki-laki itu. 

Sebelum kami menjelaskannya, kami berikan sebuah perumpamaan ini, nanti KEBENARAN KITAB SUCI lah yang membenarkannya :
Ada seorang arsitek telah merencanakan sebuah bangunan dengan design gambar dari struktur bangunan itu. Design rancangan itu telah disimpan dalam sebuah Planning Agenda, yang hanya menunggu waktu akan dibangun. Tibalah waktu itu, arsitek itupun datang pada area yang telah ditentukannya, dan mulailah Ia bangun bangunan itu sebagai tempat tinggalnya.

Bahwa dia sendiri yang merencanakan bangunan itu dan dia sendiri pula yang menjadikan bangunan itu. Pertanyaannya, apakah bangunan yang telah dibangunnya disebut orang, yang adalah orang arsitek itu? Jawabannya, tidak, bangunan itu tetaplah bentuk wujudnya bangunan, dan orang itu tetaplah wujudnya orang itu.  Pertanyaannya, apakah wujud orang arsitek itu, BERUBAH setelah ia datang dan tinggal di dalam bangunan itu? Jawabannya, tidak berubah, wujudnya orang itu tetaplah pada wujudnya. Dan apakah nama orang arsitek itu juga berubah? Jawabannya, tidak berubah, nama orang itu tetaplah nama orang itu. Apakah nama bangunan itu disebut dengan sebutan nama orang itu? 

Dari kalimat-Nya YESUS di Matius 5:17, ada dua bagian Kalimat-Nya yang harus kita mengerti dan tujuan-Nya ; yaitu "Aku datang" dan "menggenapi". Dan tujuaan dari "Aku datang" untuk menggenapi hukum Taurat atau kitab para nabi. 

Secara letter text pada umumnya manusia itu mengangap, bahwa perwujudtan dari "Aku datang"  itu perwujudtannya seseorang atau pribadi, yang kita telah melihat dalam rupa manusia. Ini tidak dibenarkan, karena konteks  "Aku datang untuk menggenapi",  sebelum digenapi-Nya, Aku telah ada, sebelum Aku datang.  Aku telah ada, sebelum Aku datang, apa Wujud-Nya Aku, bahwa Aku telah ada, sebelum Aku datang?  Jawabannya disini, Wujud-Nya "Aku" bukanlah manusia, sebelum Aku datang. Dan sesudah Aku datang, Akulah yang menggenapinya atau Akulah yang menjadikannya dari segala hukum Taurat  atau Kitab para nabi, apa Wujud-Nya Aku? 

Dan SUPAYA sdra-sdri mengerti disini, bahwa YESUS Kristus bukanlah Wujud-Nya anak laki-laki itu yang sedang diasuhi oleh Maria,  sebab YESUS Kristus itu Wujud-Nya ROH  yang Maha Hadir yang dengan Kuasa-Nya telah berbuat untuk menggenapinya. Ada tertulis : "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Matius 5:17

Catatan disini, anak laki-laki itu dikuasai sepenuhnya oleh ROH yaitu YESUS KRISTUS, dan tentunya anak laki-laki yang masih diasuhi oleh Maria, belum dapat melakukan untuk menggenapinya, disinilah untuk membuktikan kepada dunia, bahwa hanyalah ROH yang bekerja yang melakukan semua pekerjaan untuk menggenapinya. Dan ROH itu YESUS KRISTUS sendiri! Ada tertulis : "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Matius 5:17

INGAT INI JIKA sdra mengatakan bahwa nama anak itu bernama YESUS, dapatkah seorang anak yang nama-Nya YESUS, yang sedang diasuhi oleh maria, dan apakah yang sedang YESUS lakukannya, dan apa yang telah dikatakannya oleh YESUS pada waktu itu, ketika YESUS  sedang diasuhi oleh Maria, untuk mengerakan, menjaga dan melindungi maria dan yusuf  selama dalam perjalanan untuk pergi ke mesir? Jawabannya : Jika anak laki-laki itu bernama YESUS, berarti disini SUDAH TIDAK LAGI  TERBUKTI, dari Perkataan-Nya YESUS sendiri, bahwa YESUS yang  datang untuk menggenapinya dari hukum Taurat dan Kitab para nabi, khusus satu hal disini di Hosea 11:1. Dan masih banyak lainnya : tentang nubuat tempat kelahirannya, tentang nubuat kelahirannya dari seorang perempuan muda, tentang nubuat garis silsilahnya dari keturunan Daud dan Perjanjian-Nya dengan Abraham, dan itu semuanya digenapi oleh YESUS sendiri, sebelum anak laki-laki itu dilahirkan. Artinya disini, YESUS telah menggenapinya, sebelum anak-anak laki itu dilahirkan. 

Jadi inilah Kebenaran-Nya : dan setelah anak laki-laki itu dilahirkan, sebutan anak itu, tidak ada namanya, tidak ada rohnya manusia dan tidak ada  jiwanya manusia, yang artinya tidak ada kehendaknya, tidak ada pikirannya, dan juga tidak ada sumbernya kata-kata. Dan anak laki-laki itu tidak ada rohnya manusia, tetapi sepenuh dan kepenuhannya dikendalikan oleh ROH, sehingga segala kehendaknya, pikirannya dan kata-katanya, semuanya adalah Kehendak-Nya ROH, Pikiran-Nya ROH, dan Kata-Kata-Nya ROH! Dan yang dimaksudkan ROH itu YESUS KRISTUS sendiri.

Perhatikan di Matius 5:17; Siapakah nama-Nya yang menggenapinya atau melakukannya, supaya semua itu terjadi, seperti yang sudah dituliskan di Hosea 11:1. Dan IA sendiri telah melakukannya, dan yang  telah mengatakan, mengerakan, menjaga dan melindungi maria dan yusuf  selama dalam perjalanan untuk pergi ke mesir.

Nubuat seorang perempuan muda yang melahirkan seorang anak laki-laki. 
----Aku telah ada ---- Nubuat : Yesaya 7:14 ----Aku datang untuk menggenapi ---- Penggenapan :Matius 1:21-23
●Pertanyaannya : apa Wujud-Nya Aku, bahwa Aku datang untuk menggenapinya atau untuk menjadikannya dari nubuat Yesaya 7:14?

Nubuat kota kelahirannya anak laki-laki itu
----Aku telah ada ---- Nubuat : Mikha 5:1 ----Aku datang untuk menggenapi ---- Penggenapan :Matius 2:5-6
●Pertanyaannya : apa Wujud-Nya Aku, bahwa Aku datang untuk menggenapinya atau untuk menjadikannya dari nubuat Mikha 5:1?

Nubuat menyingsirnya anak laki-laki itu ke Mesir. 
----Aku telah ada ---- Nubuat : Hosea 11:1 ----Aku datang untuk menggenapi ---- Penggenapan :Matius 2:14-15
●Pertanyaannya : apa Wujud-Nya Aku, bahwa Aku datang untuk menggenapinya atau untuk menjadikannya dari nubuat Hosea 11:1?

Nubuat sebutan anak laki-laki itu orang Nasaret 
----Aku telah ada ---- Nubuat : Yesaya 11:1 ----Aku datang untuk menggenapi ---- Penggenapan :Matius 2:23
●Pertanyaannya : apa Wujud-Nya Aku, bahwa Aku datang untuk menggenapinya atau untuk menjadikannya dari nubuat Yesaya 11:1?

Nubuat sebutan anak laki-laki itu dari keturunan Daud
----Aku telah ada ---- Nubuat : Mazmur 89:4-5 ----Aku datang untuk menggenapi ---- Penggenapan : Lukas 1:68-71
●Pertanyaannya : apa Wujud-Nya Aku, bahwa Aku datang untuk menggenapinya atau untuk menjadikannya dari nubuat Mazmur 89:4-5?

Nubuat  anak laki-laki itu adalah Perjanjian-Nya kepada Abraham.
----Aku telah ada ---- Nubuat : Kejadian 22:16-18; Kejadian 26:3-5 ----Aku datang untuk menggenapi ---- Penggenapan : Lukas 1:54-55; Lukas 1:72-75
●Pertanyaannya : apa Wujud-Nya Aku, bahwa Aku datang untuk menggenapinya atau untuk menjadikannya dari nubuat Kejadian 22:16-18; Kejadian 26:3-5?

YESUS adalah TUHAN, Dialah Wujud-Nya ROH! Bacalah itu Matius 5:17, inilah Kuasa-Nya, Dialah yang telah merencanakannya mengadakan anak laki-laki itu (Yesaya 9:5), dan Dialah sendiri juga menjadikannya anak laki-laki itu (Matius 1:21-23).  Ada tertulis :  "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Matius 5:17

Kata menggenapi semuanya manusia di dunia ini, terbius suatu peristiwa yang besar pada kematian di kayu salib, bahwa seolah-oleh YESUS datang menyerahkan Diri-Nya untuk menggenapi dan disalibkan, dari konteks kata penggenapan itu. Inilah yang dipahami sampai sekarang. Inilah  kekeliruan sejarahnya umat manusia yang terbesar, dari pemahaman Kitab Suci-Nya TUHAN YESUS KRISTUS BAPA kita. 

Jika kita sungguh-sungguh memahami dari kata menggenapi, berarti ada Implisitnya dari kata menggenapinya, adalah kata merencanakannya. Dari implisitnya kata menggenapi, ini artinya disini bahwa Dialah yang telah merencanakan  semua  tentang perencanaannya, yang sudah tertulis di PL. Ada tertulis : Sebab jikalau kamu percaya kepada Musa, tentu kamu akan percaya juga kepada-Ku, sebab ia telah menulis tentang Aku. Tetapi jikalau kamu tidak percaya akan apa yang ditulisnya, bagaimanakah kamu akan percaya akan apa yang Kukatakan?" Yohanes 5:46-47.  Lalu Ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang bodoh, betapa lambannya hatimu, sehingga kamu tidak percaya segala sesuatu, yang telah dikatakan para nabi!  Bukankah Mesias harus menderita semuanya itu untuk masuk ke dalam kemuliaan-Nya?"  Lalu Ia menjelaskan kepada mereka apa yang tertulis tentang Dia dalam seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab-kitab Musa dan segala kitab nabi-nabi. Lukas 24:25-27

 "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Matius 5:17.  Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia. Yohanes 3:13

Jadi sudah sangatlah jelas disini bahwa Anak Manusia itu BUKANLAH DILAHIRKAN, melainkan TURUN dari Sorga, dan Aku datang. 

Apa maksud dari "Aku datang"?, bahwa Siapakah Dia? Apa Wujud-Nya Dia? Siapakah Nama-Nya? Matius 5:17, sudah sangatlah jelas, bahwa sebelumya, Dialah yang telah merencanakannya, dan Dialah sendiri juga yang telah menjadikan anak laki-laki itu. Ada tertulis :  "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Matius 5:17

Siapakah Dia? Apa Wujud-Nya Dia? Siapakah Nama-Nya? Oleh karena itu bahwa Dialah yang telah merencanakannya, dan Dialah sendiri juga yang telah menjadikan anak laki-laki itu, Apa maksud dari "Aku datang"? 

SUDAH SANGATLAH JELAS DISINI, bahwa arti "Aku datang" (Matius 5:17) disini, "Akulah yang menggenapi atau Akulah yang menjadikan dengan berfirman, maka  segala sesuatu yang tidak ada menjadi ada". Ada tertulis :  Sebab Dia berfirman, maka semuanya jadi; Dia memberi perintah, maka semuanya ada. Mazmur 33:9. Aku datang, perhatikan disini, Aku ini siapa? berarti bukan daging Tubuh itu, sebab Akulah sendiri yang menjadikannya! Dari manakah asalnya, dari kata yang kamu dengar "Aku datang"? Ada tertulis : Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia. Yohanes 3:13.

Jadi singkatnya artinya "Aku datang" atau "turun dari Sorga dan naik ke Sorga", itu artinya Kuasa-Nya tertuju apa yang menjadi kehendak-Nya dan akan terlaksana, dan ROH memenuhi langit dan bumi dan tidaklah bertepi, dan sudah ada disekitar kita. Ada tertulis : Sekiranya ada seseorang menyembunyikan diri dalam tempat persembunyian, masakan Aku tidak melihat dia? demikianlah firman TUHAN. Tidakkah Aku memenuhi langit dan bumi? demikianlah firman TUHAN. Yeremia 23:24. Dan yang dimaksudkan Aku datang itu yaitu Kuasa-Nya yang terdiri dari Firman-Nya dan Roh-Nya. Dan Firman-Nya, yang telah menjadikan langit dan bumi hingga manusia (Kejadian 1:1-26), termasuk anak laki-laki itu (Yohanes1:14). Dan Roh-Nya sebagai tebusan dosa kita, Ada tertulis : sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang." Matius 20:28 (Markus 10:45). 

JADI KONTEKS "Aku datang atau Turun dan Naik dari ke Sorga" itu artinya Kuasa-Nya tertuju apa yang menjadi kehendak-Nya dan akan terlaksana,. Dan Kuasa-Nya itu Firman-Nya dan Roh-Nya yang dicurahkan. Ingatlah disini sdra-sdriku ROH itu YESUS yang memenuhi langit dan bumi dan tidaklah bertepi! Jadi ROH itu TIDAK DAPAT DATANG, TETAPI ADA DISEKITAR KITA, TETAPI KITA TIDAK DAPAT MENGENAL-NYA DAN TIDAK DAPAT MENDENGAR-NYA. Dan hanya Kuasa dari Kehendak-Nya ROH,  maka kita dapat mengenal-Nya dan Mendengar-Nya, melalui media-Nya anak laki-laki itu. Dan anak laki-laki itu tidak ada rohnya manusia, tetapi sepenuh dan kepenuhannya dikendalikan oleh ROH, sehingga segala kehendaknya, pikirannya dan kata-katanya, semuanya adalah Kehendak-Nya ROH, Pikiran-Nya ROH, dan Kata-Kata-Nya ROH! Dan yang dimaksudkan ROH itu YESUS KRISTUS sendiri.

Jadi kata "Aku datang" jangan yang seperti sdra bayangkan, seperti  malaikat gabriel itu datang, TIDAK. Sebab ROH itu  ada disekitar kita, dan  ROH itulah yang memenuhi langit dan bumi.  Ada tertulis : Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka." Matius 18:20

Dan janji-Nya TUHAN YESUS KRISTUS Bapa kita, di Yesaya 9:5, yang telah merencanakan anak laki-laki itu,  dan telah ditepati-Nya. Dan kita telah lihat Kuasa-Nya yang turun dari TUHAN YESUS KRISTUS BAPA KITA  yang telah menjadikan anak laki-laki itu. Ada tertulis : Lukas 1:34-35
 34  Kata Maria kepada malaikat itu: "Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?"

 35  Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.

b. YESUS KRISTUS itu bukanlah Wujud-Nya manusia! 
TUHAN itu Wujud-Nya ROH, ada tertulis : Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan. Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar. 2Korintus 3:17-18

Seluruh kata Allah  yang tertulis di dalam Kitab Suci ini, hanyalah satu Allah, dan satu Allah itu ada nama-Nya, yang nama-Nya TUHAN. Ada tertulis : Janganlah kamu bersumpah dusta demi nama-Ku, supaya engkau jangan melanggar kekudusan nama Allahmu; Akulah TUHAN. Imamat 19:12

TUHAN itu Wujud-Nya ROH, dan karena TUHAN adalah nama-Nya Allah kita,  maka Allah itu Wujud-Nya ROH, ada tertulis : Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran." Yohanes 4:24

TUHAN itu Wujud-Nya ROH,  dan  TUHAN adalah nama-Nya Allah kita, yang Allah kita itu ROH. Jadi disini maksud kata Allah itu Sesembahan, yang Wujud-Nya ROH, dan ROH itu ada nama-Nya, dan nama-Nya adalah  TUHAN. Dan ROH inilah yang memenuhi langit dan bumi, dan tentunya bukan wujudnya ciptaan-Nya atau sekalipun manusia, ada tertulis : Sebab Aku ini Allah dan bukan manusia, Yang Kudus di tengah-tengahmu, dan Aku tidak datang untuk menghanguskan. Hosea 11:9b 

TUHAN itu Wujud-Nya ROH,  dan  TUHAN adalah nama-Nya Allah kita, yang Allah kita itu ROH. Jadi disini maksud kata Allah itu Sesembahan, yang Wujud-Nya ROH, dan ROH itu ada nama-Nya, dan nama-Nya adalah  TUHAN. Dan ROH inilah yang memenuhi langit dan bumi. Ada tertulis : Sekiranya ada seseorang menyembunyikan diri dalam tempat persembunyian, masakan Aku tidak melihat dia? demikianlah firman TUHAN. Tidakkah Aku memenuhi langit dan bumi? demikianlah firman TUHAN. Yeremia 23:24

●BUKTI-BUKTI PENGAKUAN YESUS adalah TUHAN. Dan bukti ini, menunjukan YESUS itu Wujud-Nya ROH, dan bukan Wujud-Nya manusia, ada tertulis : Sebab Aku ini Allah dan bukan manusia, Yang Kudus di tengah-tengahmu, dan Aku tidak datang untuk menghanguskan.Hosea 11:9b

■Arti dari kata "Anak Manusia" adalah TUHAN (Lukas 6:5 ;Matius 12:8; Markus 2:28), Dan jumlah kata "Anak Manusia", yang tertulis di dalam Injil Matius, Markus, Lukas dan Yohanes : berjumlah 81 kata "Anak Manusia".

Jadi dari arti itu sendiri saja dari arti kata "Anak Manusia"; YESUS sendiri mengakui diri-Nya adalah TUHAN, yang berjumlah 81 kata TUHAN, yang tertulis di dalam Injil Matius, Markus, Lukas dan Yohanes.

■Belum lagi Pengakuan YESUS adalah Bapa (Yohanes 14:7-9; Yohanes 8:19-24).

■Belum lagi secara eksplisit, yang kalau diartikan ;
Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku, yang artinya Aku adalah Bapa, dan Bapa adalah Aku, dari pengakuan YESUS sendiri : AKU ADALAH AKU. (Yohanes 10:36; Yohanes 14:10; Yohanes 14:11; Yohanes 14:13; Yohanes 14:20; Yohanes 17:21).

INILAH PENGAKUAN YESUS :
Ada tertulis : Akulah Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub? Ia bukanlah Allah orang mati, melainkan Allah orang hidup." Matius 22:32 (Markus 12:27; Lukas 20:38).

■Dan belum lagi juga kuasa-Nya, yang HANYA OTORITAS KEPEMILIKAN dari TUHAN (Matius 9:6; Markus 2:10; Lukas 5:24; Yohanes 11:25-26), yang YESUS sudah tunjukkan kepada kita semua. Dan terang benderang YESUS sudah menyatakan diri-Nya adalah Tuhan. Ada tertulis : Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan. Yohanes 13:13

■Oleh karena itu Wujud-Nya YESUS adalah ROH, sebelum turun dari Sorga, demikian juga Wujud-Nya adalah ROH yang berdiam dan tinggal di dalam Tubuh itu, dan yang telah naik ke Sorga, Wujud-Nya YESUS Kristus tetaplah ROH sampai selama-lamanya.

Ada tertulis : Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran." Yohanes 4:24
■Arti dari kata "Anak Manusia" adalah TUHAN (Lukas 6:5 ;Matius 12:8; Markus 2:28), Dan jumlah kata "Anak Manusia", yang tertulis di dalam Injil Matius, Markus, Lukas dan Yohanes : berjumlah 81 kata "Anak Manusia".

Jadi dari arti itu sendiri saja dari arti kata "Anak Manusia"; YESUS sendiri mengakui diri-Nya adalah TUHAN, yang berjumlah 81 kata TUHAN, yang tertulis di dalam Injil Matius, Markus, Lukas dan Yohanes.

■Belum lagi Pengakuan YESUS adalah Bapa (Yohanes 14:7-9; Yohanes 8:19-24).

■Belum lagi secara eksplisit, yang kalau diartikan ;
Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku, yang artinya Aku adalah Bapa, dan Bapa adalah Aku, dari pengakuan YESUS sendiri : AKU ADALAH AKU. (Yohanes 10:36; Yohanes 14:10; Yohanes 14:11; Yohanes 14:13; Yohanes 14:20; Yohanes 17:21).

INILAH PENGAKUAN YESUS :
Ada tertulis : Akulah Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub? Ia bukanlah Allah orang mati, melainkan Allah orang hidup." Matius 22:32 (Markus 12:27; Lukas 20:38).

■Dan belum lagi juga kuasa-Nya, yang HANYA OTORITAS KEPEMILIKAN dari TUHAN (Matius 9:6; Markus 2:10; Lukas 5:24; Yohanes 11:25-26), yang YESUS sudah tunjukkan kepada kita semua. Dan terang benderang YESUS sudah menyatakan diri-Nya adalah Tuhan. Ada tertulis : Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan. Yohanes 13:13

■Oleh karena itu Wujud-Nya YESUS adalah ROH, sebelum turun dari Sorga, demikian juga Wujud-Nya adalah ROH yang berdiam dan tinggal di dalam Tubuh itu, dan yang telah naik ke Sorga, Wujud-Nya YESUS Kristus tetaplah ROH sampai selama-lamanya.

Ada tertulis : Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran." Yohanes 4:24